caranya hampir sama dengan realflow yg dulu gw pake, kalo diterjemahin ke realflow kyk gini :
1. Mbuat object bundar, seperti yg belum jadi tersebut.
2. Trus difill kan dgn partikel, kalo ga salah ampe nyampe 50ribuan.
3. add daemon gravity.
4. add daemon utk ngekill partikel, disekitar area test. Tujuannya utk ngekill partikel yang terciprat keluar dgn tidak sengaja.
5. Milih outputnya, apakah partikel ato meshnya. kebanyakan simulasinya harus ditest dlm area mesh aja, supaya keliatan liquid behaviornya sesuai dgn yg kita inginkan..
nah ini cara yang gw pake di blender..
1. default udah ada boxnya, kemudian tambah object spherenya.
2. Object box td digunakan sebagai domain (atau batas area tmpt terjadinya simulasi tsb).
3. sphere tadi dijadikan fluid aja.
4. Bentuk semuanya seperti di animasi yg gw buat, setting resolusinya sekitar 40 ampe 50 dulu.
5. Kemudian bake aja tuh.. tunggu sampe matang..
6. nah, sekarang liat apa animasinya udah bener, kalo dah merasa puas. Tinggal ditingkatin lagi resolusinya ampe 150, inget loh ini langsung ngesuck RAM komputer lu..
7. jadi deh..
Ini gw habis blajar total 3 jam, maklum gw ga begitu familiar dgn blender. Tapi akhirnya bisa jadi jg, dilain kali gw mo buat sesuatu lagi deh.. Selama ini masih lancar2 aja pakenya, jarang crash.. palingan crashnya kalo gw kebanyakan naikin resolusinya.. udah itu aja..
No comments:
Post a Comment