Thursday, January 01, 2009




Judul : Jalan Panjang Menjadi WNI (Warga Negara Indonesia)
Kata Pengantar : Frans H. Winarta
Tebal : 236 halaman
Penerbit : PT Kompas Media Nusantara, Januari 2007
Sampul : Lunak


“Selamat tahun baru 2009 smua.. hehehehe.. akhirnya gw nemuin buku yg slama ini gw cari.. abisnya ini jg rasa pengen tau gw dari SMA.. yuk langsung aja, sebelumnya gw emang penasaran dgn temen n guru di SMA dulu di Surabaya, mereka bilang kalo Perguruan Tinggi negeri di indonesia (waktu itu tahun 2003) itu membatasi jumlah warga keturunan. Katanya cuma beberapa persen aja.. Gw waktu itu bener2 ngga tau sama sekali kalo pemerintahan dulu tuh rasis banget, krn dulu gw hidup ditempat yg emang ga ada masalah rasis. Iya sebelumnya gw tinggal di Papua, dan kita dsana hidup berdampingan dan sangat akrab. Walopun gw sendiri orng pendatang, mereka nerima kita sama dengan rakyat asli dsana. Tapi setelah gw di Surabaya, gw baru nemuin masalah ini. Gw ngerasa kok seperti asing gini di surabaya, gw ingetnya tuh waktu gw kelas 3 SMA..

Tapi gw ngerasa, kenapa warga keturunan begitu didiskriminasi? Padahal kan kita semua lahir tanpa bisa memilih warna kulit kita, ibu/bapak kita, tempat n agama.. Iya, gw emang diarahin oleh ortu gw utk berteman ama sapa aja. Setelah mbaca buku ini, gw makin yakin kalo keadaan rasis itu dulu pernah terjadi. Misalnya pas pengurusan KTP, ditulis kalo ada beberapa warga keturunan tuh dipersulit dlm pembuatan KTP, padahal mereka sudah tinggal, hidup dan berbahasa indonesia. Aneh banget, trs ada tulisan kalo nama aslinya (dari bawaan keturunan) tuh berpengaruh banget dlm pengurusan KTP maupun Akta kelahiran, abis itu ditambah pungutan2 gitu..

Dari yg gw baca jg, ada tentang atlet nasional kita.. namanya hendrawan.. aneh banget dia masih ditanyain SBKRI, padahal dia tuh seminggu lagi mo brangkat ke Guangzhou utk pertandingan piala Thomas.. trus ada jg atlet yg namanya Tan Joe Hok, yg pertama kali menangin piala Thomas 1958 dan All England 1959.. lagi2 dia juga ada masalah utk pengurusan SBKRI utk dua org anaknya.. Udah jelas2 dia tuh mbela negara, tapi masih aja ngga diakui kewarganegaraannya..nah trus setelah tahun2 itu, udah ada usaha pemerintah utk ngilangin masalah SBKRI itu, tp dilapangan masih aja kyk gitu.. lalu dilanjutin ditahun 2006, dengan pengesahan UU nomor 12 tahun 2006, semuanya bisa berubah tanpa ada lagi rasis2an..

Tujuan gw nulis ini juga, karena selama ini juga gw sering dibantu temen2 yg kalo diliat tuh beda ras, asalnya, agama, bahkan beda warganegaranya dengan gw, tapi gw ngga ngeliat dr perbedaan itu smua.. malah gw pernah ngalamin kalo gw sendiri pernah disakitin ama saudara gw yg sama rasnya, agama, suku... nah parahkan.. emang sih kliatannya ngga masuk diakal, tapi itu terjadi ama gw.. (wah kok jd curhat2an gini.. heheheh..) gpp la gw cm mo share aja kok. Moga2 kalo ada temen yg masih ada perasaan rasis dengan temen kalian, coba kalian membaca buku ini. Ok deh smua, met mbaca yah.. moga2 tahun ini tambah damai deh ya..”

No comments: