Saturday, May 09, 2009

Mbuat PC kita berjalan mulus.. hihihi..



Iya nentuin kuat ngganya suatu powersupply ngga bisa diliat dari harga & mereknya.. nah kebetulan gw dpt kesempatan utk ngetes powersupply.. perlu waktu sih utk ngetesnya..

Dulu waktu dijaman kuliah, gw ngeliat temen gw pake powersupply (PSU) dari casing standarnya.. tapi kok malah sering error utk main game, gw ngeliat ngga ada masalah dgn perkabelan di casingnya.. sempat di cek satu persatu dari bagian motherboard, CPU dan memory.. semua masih baru! gw penasaran gmn mo ngecek.. abisnya booting aja ngga mau.. ya udah diputusin utk minjem dari powersupply gw.. ternyata ga bisa jg, ya udah terpaksa ngecek semuanya.. dan ternyata motherboardnya tewas.. ya udah masih baru ini, langsung tuker deh.. yg kedua ini disaranin ama teknisi di toko utk ganti dengan powersupply yg "true power" setelah ngganti semua, sampe sekarang tuh PC berjalan adem ayem deh.. emang sih tuh komputer cuma utk buat ngegame ama ngerjain project kuliah yg kebanyakan pake aplikasi office..

nah sekarang yg baru gw ngalamin, seneng bgt disuruh ngerawat server.. hehehe.. tp yg ini cuma server kecil2an.. pake windows 2000 server edition.. namanya jg server, ya tiap hari kerja, bebannya sekitar 90% to 100% dari kemampuan tuh komputer.. 3 bulan lalu PSUnya bermasalah, fannya mati.. trus diganti dgn PSU baru tp mereknya ga jelas, nah setelah diganti 2 minggu lalu tewas lagi.. padahal jeda waktunya cuma beberapa hari.. dengan begini, gw bisa ndapetin kesimpulan.. kenapa server2 tuh make PSU kadang 2 buah ato lebih, ya utk meminimalkan waktu downtime.. downtime tuh amat ngganggu.. kalo dah downtime, wah.. bisa diomelin orang2.. hihihihihi..

Selain itu jg, kita perlu nyediakan dana utk pemasangan fan yang berkualitas, yg berguna utk menjaga suhu didalam casing rendah.. CPU gw juga dulu pernah tewas gara2 kepanasan, dr pengalaman itu gw sekarang pasang fan 12cm & 1,5A dibawah dvd writer gw..



jgn liat fisiknya aja.. tp hrs diteliti jg dengan dayanya.. itungan mencari daya tuh = ampere x volt.. pake google aja utk ngitungnya :



liat amperenya, kalo masih dibawah 1 ampere, gw jamin tuh fan jalannya pelan.. trus liat sistem fannya, cari yg kalo bisa yang pake ball bearing.. karena lebih tahan lama, jd bisa meringankan perawatan..

Jadi, gw saranin utk membuat sistem yang bagus n stabil tuh perlu PSU bagus dan suhu yg rendah.. kalo bisa yg udah teruji mereknya.. nah dengan begitu, kita bisa ngurangin waktu downtime kita.. kita senang, pelanggan pun senang.. hahahaha..

No comments: